Saturday 20 February 2010

Tips Menghadang Nyeri Saat Datang Bulan




http://images.detik.com/content/2010/01/22/766/menstruasi-depan-timeinc.net.jpg

Jika nyeri yang anda rasakan berlangsung lebih dari 48 jam ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Atau jika tak sempat ke dokter, cobalah mengatasinya dengan cara-cara yang bisa dilakukan di rumah.

Olahraga merupakan cara termudah untuk mengatasi masalah ini. Berjalan kaki bisa membantu mengurangi nyeri datang bulan karena dengan berjalan kaki maka sirkulasi organ pelvis anda menjadi lancar. Saat berjalan, regangkan otot-otot anda dan ayunkan tangan, kaki dan pinggang dengan santai.

Mandi air hangat juga bisa membuat rileks otot-otot dan mengurangi nyeri.

Apabila udara sedang dingin, kenakanlah pakaian hangat untuk melindungi bagian pinggang anda. Otot-otot pelvis anda akan menjadi lebih rileks apabila berada dalam kondisi hangat.

Kalsium selain berguna untuk merawat otot dan tulang juga bisa mengurangi nyeri akibat datang bulan. Selama datang bulan, otot-otot yang kekurangan kalsium memiliki kecenderungan untuk hiperaktif dan bisa mengalami kram. Oleh karena itu cobalah mengkonsumsi kalsium secara rutin sebanyak 800 miligram sehari atau setara dengan tiga cangkir susu.

Magnesium bisa meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Maka dari itu, tingkatkan asupan magnesium anda dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, gandum, ikan salmon, udang, tahu, dan sayur mayur.

Kunyit dan Jeruk Nipis juga dikenal sejak dulu bisa mengurangi nyeri datang bulan. Pertama, ambil beberapa butir kunyit lalu parut. Parutan itu beri sedikit air matang, dan saring hingga air saringan itu mencapai setengah gelas kecil. Air saringan itu kemudian beri satu sendok teh perasan jeruk nipis. Minum air tersebut ketika hari pertama haid. Dengan cara seperti itu, niscaya hari-hari berikutnya anda tak akan merasakan nyeri haid dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Tips lainnya adalah:

- Minum aspirin atau obat pencegah produksi prostaglandin, orgasme dimana rahim akan mengerut.
- Minum air putih yang banyak.
- Selagi haid, hindari sesuatu yang dingin, seperti es. Karena dapat membuat aliran darah menjadi beku.


0 comments on "Tips Menghadang Nyeri Saat Datang Bulan"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

New Post

Followers

 

Popular Posts

About Girls Copyright 2009About Girls Designed by Ipietoon